Friday, October 14, 2011

Mutiara kebijaksanaan : Sombong


Ada seorang ulama dari kota lain yang konon sangat pandai. tidak ada suatu pertanyaan pun yang tidak bisa di jawabnya, namun sayang hal itu tanpa sadar telah membuatnya sombong. ketika Abu Nawas bertemu dengannya, ulama itu diajaknya mengadu ilmu.
"anda orang yang sangat berilmu, tentu bisa menjawab semua pertanyaan dari orang bodoh seperti saya ini."
“Tentu, apa yang ingin kau tanyakan ?”
“tidak, saya hanya ingin membuktikan bahwa anda memnag benar-benar berilmu tinggi”
“Apa engkau masih ragu?”
“Bagaimana kalau anda saya beri pertanyaan tetapi tidak tahu, maukah anda memberi saya hadiah uang sebanyak 15 dirham? Tentu anda tidak keberqatan bukan? Saya saja yang bodoh ini, bila anda tanyai dan tidak tahu jawabannya berani memberi hadiah sebesar 5 dirham. Apalagi orang sepandai anda!”
“ Baik, kalau begitu. Apa pertanyaannya ?”
“Singa apa yang tidak punya mulut?”
“Singa bisu!”
“Akh, itu bukan jawaban orang berilmu. Meskipun bisu, singa tetap punya mulut.”
“Lalu apa?”
“Berikan 15 dirham dahulu!”
“Baik, ini terimalah!” kata ulama itu sambil memberikan uangnya.
Abu Nawas langsung ngeloyor pergi tapi kemudian ditarik oleh ulama itu. Katanya,”Lalu jawabannya apa?” tampaknya ia penasaran.
            “Saya juga tidak tahu. Kalau begitu, saya harus memberi hadiah 5 dirham buat anda. Uang saya masih sisa 10 dirham kok!”

No comments:

Post a Comment